Senin, 09 Januari 2012

Illuminati VS. Freemason



        Masyarakat Illuminati dan Freemason didirikan berabad-abad lalu dan memiliki sejarah yang cukup panjang. Dalam beberapa hal mereka sangat mirip, tetapi ada juga perbedaan yang jelas antara kedua kelompok.  
Keduanya terdiri dari orang yang sangat cerdas, namun karena sifat rahasia dari keduanya, sangat sedikit orang yang tahu siapa saja yang menjadi bagian dari anggotanya. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa baik Freemason dan Illuminati turut berperan dalam ilmu pengetahuan dan politik selama berabad-abad. 



Tentang Illuminati

         Didirikan di Eropa pada abad ke 18 ketika Abad Pencerahan merajalela di semua negara, Illuminati adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kelompok-kelompok masyarakat rahasia yang berkembang selama ini.  
Arti kata Illuminati adalah "Tercerahkan" dan mayoritas anggota masyarakat ini adalah intelektual dengan minat aktif dalam metode ilmiah dan dalam pemerintahan negara mereka.  

Medali Illuminati

 Rumor masih berlimpah tentang Illuminati yang masih ada dan bekerja untuk mengubah politik dunia. 


Tentang Freemason

         Persaudaraan Freemasonry lebih tua dari Illuminati yang telah terbentuk pada abad 17. Masing-masing kelompok adalah independen dari yang lain dan mengadakan pertemuan mereka di lokasi yang mereka sebut Lodges Grand. Meskipun mereka percaya bahwa ada suatu Zat Agung dan dalam motto masyarakat tentang “Brotherly Love, Relief and Faith” (Kasih persaudaraan, Kebebasan dan Iman), para anggota Freemason  tidak diharuskan untuk mengikuti agama tertentu,
(Untuk lebih detil, silahkan lihat artiket tentang "Freemason dan Sejarahnya", http://langit9.blogspot.com/2012/01/freemason-dan-sejarahnya.html ).

 

Apa yang membedakan kedua kelompok ini?

         Ada beberapa kesamaan dalam masyarakat Freemason dan Illuminati. Keduanya memiliki kerahasiaan sebagai alasan untuk penciptaan mereka dan keduanya berisi anggota yang mempunyai pikiran yang bebas dan sangat intelektual.  

        Tujuan dari penciptaan keduanya berbeda. Illuminati lahir dalam rangka menciptakan sebuah Tatanan Dunia Baru daripada akan mengubah dunia, sedang tujuan dari Freemason adalah untuk menciptakan suatu masyarakat di mana kesopanan dan kehormatan terlihat di kalangan anggotanya. Kelompok ini terkenal karena karya-karyanya di seluruh dunia.

        Mereka sama karena mereka berdua hasil dari masyarakat di mana orang-orang takut untuk berbicara secara terbuka tentang pikiran mereka dari pemerintah dan gereja. Mereka tidak ingin ada anggota mereka untuk takut pada konsekuensi karena mereka melakukan apa yang mereka rasakan benar. Ini adalah kenyataan bahwa ada begitu banyak rahasia di sekitar kelompok-kelompok yang membuat mereka sangat misterius sampai hari ini. 

 

kesimpulan
 
        Illuminati dibentuk sebagai sebuah masyarakat rahasia di abad 18, sedang Freemason dibentuk sebagai persaudaraan satu abad sebelumnya.
    
 

        Tujuan dari Illuminati adalah untuk mengubah dunia, tetapi tujuan dari Freemason adalah untuk menciptakan sebuah masyarakat kepahlawanan, kehormatan, kasih persaudaraan, Kebebasan dan moralitas.
    

         Identitas kedua kelompok sangat rahasia.

Menurut anda, manakah diantara kedua kelompok ini yang lebih kuat dan berpengaruh?
  

Sumber:
Wikipedia dan berbagai sumber

Artikel Terkait

15 komentar:

Anonim mengatakan...

kalau yang ane liat2 seh seringnya illuminati

Unknown mengatakan...

Terimakasih sudah memberikan komentarnya ;)

Anonim mengatakan...

lebih sering denger kata 'illuminati'..
tapi illuminati yang sekarang menjurus ke arti 'setan'..

kalau kesamaan mereka adalah mencari keterbukaan untuk menyampaikan pikiran,,
menurut ane, di tengah perjalanan untuk mencari kebebasan berpendapat, ada yang menganggap pendapat yang 'salah' adalah 'benar' sehingga menyimpang dari ajaran agama.

jadi illuminati tidak identik dengan 'satan' kan?

Unknown mengatakan...

Saya setuju dengan pendapat anda. Banyaknya badai yang sangat dahsyat berupa "pengaburan" tentang kebenaran dan manipulasi fakta, memberikan kesempatan bagi kita untuk bertualang mengarungi luasanya lautan informasi untuk mencari pelabuhan "akhir" tentang kebenaran, yang kita anggap ideal, yang tentunya berbeda2 bagi individu satu dengan lainnya, tapi tentunya pada akhirnya tentu petualangan kita tidak akan berakhir sampai disitu saja bukan? karna pada awalnya hanya TUHAN lah kebenaran tecipta dan kepada TUHAN lah kebenaran akan kembali, tugas kita lah melihat semua keindahan ciptaanNYA dari berbagai sisi dan mengagumi betapa indahnya maha karya NYA.

Unknown mengatakan...

... Dan, YA, Illuminati TIDAK identik dengan SETAN... Waspadalah terhadap barbagai bentuk penyesatan informasi, pandang dunia dari berbagai sisi, tajam dalam melihat suatu hal, dan kita akan menemukan dunia yang sama sekali berbeda.

Anonim mengatakan...

gan, tau maksud lambang illuminati itu kenapa mata satu dalam segitiga ga ?
katanya itu simbol dajjal yg bermata satu, mungkin maka dari itu banyak yg bilang identik dengan setan2,.

terus kalo maksud simbol itu bukan dajjal, terus apa arti dari simbol mata itu sebenarnya ?

Unknown mengatakan...

Maksud simbol mata satu berarti "All seeing eye" Atau "Mata yang melihat segalanya", didalam segitiga mengarah keatas, menyimbolkan "Mata Tuhan" yang mampu melihat segalanya, apa pun, dimanapun dan siapapun kita. Dalam hal ini, dapat juga berarti, mereka mempunyai kekuatan dan akses dalam kehidupan kita, siapapun kita, dimanapun dan apapun yang kita lakukan, mereka selalu tahu dan selalu mengawasi kita.

Anonim mengatakan...

kalo diliat liat tujuan freemason lebih bagus daripada illuminati cz idealismenya yang tidak menggunakan kekerasan...

Unknown mengatakan...

Apa pun tujuan mereka, selama itu demi kebaikan umat manusia, kita patut mengapresiasikannya. Dalam konteks ini, saya setuju dengan anda. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan atas pendapat anda :)

Anonim mengatakan...

postingannya bagus , tapi keduanya sama-sama melakukan praktek iblisnya dengan upacaranya masing-masing,

nama anda pun beelzebub , nama iblis raja lalat yaitu pangeran iblis

Anonim mengatakan...

Naudzubillah. Terus terang illuminati dan freemason merupakan orang-orang paling bodoh yang tidak berakal karena mereka tidak tahu bahwa yang menciptakan alam dan isinya ini adalah Allah Subhanahu wa Ta'ala semata dan mereka sangat bodoh karena tidak mau menyembah Allah Azza wa Jalla. Semoga mereka ditunjukkan ke jalan yang lurus yaitu jalan yang di ridhoi-Nya.
Insya Allah.
Ingat setan itu akan di azab oleh Allah Yang Maha Esa dan setan akan mendapat tempat tinggal yang sangat pedih yaitu di NERAKA (nar)!

Anonim mengatakan...

illuminati hebat..!!

Anonim mengatakan...

maaf, menurut saya illuminati dan freemason itu identik dengan setan. sebab dalam berbagai simbol,ritual,dan sejarahnya kedua kelompok ini berhubungan dengan setan, dan mengyembah 'lucifer' tujuannya pun untuk membentuk suatu tatanan dunia baru yang berlandaskan 'kebebasan dalam segala hal' apakah agama membenarkan adanya kebebasan dalam segala hal? jelas sangat bertentangan dengan agama

Anonim mengatakan...

ini blog sesat!! jangan hiraukan!! dan tolong jangan mempengaruhi masyarakat dengan ide kebebasan anda ini!!

FERNANDO mengatakan...

blog sesat ?? hellooo ini kan cuman sekedar menambah wawasan semata bukannya menyuruh kamu ikut tuh aliran -__-