Jumat, 13 Januari 2012

Zodiak, Mitos Dan Legendanya

Kita semua sudah tidak asing lagi dengan zodiak, tapi mungkin tidak semua mengetahui cerita dibalik lambang-lambang zodiak tersebut. 
Berikut ini adalah kisah dibalik ke-12 lambang zodiak tersebut.

Capricorn

Menurut mitologi bangsa Yunani, kambing yang dijadikan lambang zodiak ini memang kambing betulan. Namanya Amaltheus. Kambing ini pernah memberikan air susunya kepada dewa Zeus, ketika dewa tertinggi bangsa Yunani kuno ini masih bayi dan berada dalam gua disembunyikan ibunya karena takut makan oleh ayahnya yang bernama Chronoos. Karena jasanya ini, kambing ini lalu diangkat ke langit, dibekali cahaya. Dan jadilah bintang.

 
Aquarius
Dilambangkan oleh seorang pemuda tampan yang sedang menuang air dari tempayan besar. Siapa sih pemuda tampan ini? Pemuda tersebut bernama Ganimedes, pelayan paling setia dewa Zeus, tugasnya memang membawakan minuman dewa paling agung bangsa Yunani itu. karena kesetiaannya, Zeus lalu mengangkatnya menjadi salah satu gugusan bintang di langit.


Pisces
Dilambangkan dengan dua ekor ikan. Kedua ekor ikan ini telah berjasa membawa dewi Venus (dewi kecantikan) dan dewa Mars (dewa perang) ke sungai Eufrat, ketika mereka di kejar oleh Typhon.

Aries
Dilambangkan oleh seekor domba. Domba ini bukan sembarang domba. Domba ini berbulu emas. Ia dikorbankan kepada dewa tertinggi sebagai persembahan, yang ternyata dewa Zeus senang menerimanya dan ia pun kemudian dijadikan bintang.

Golden Ram (Aries), merupakan domba bersayap berbulu emas yang telah menyelamatkan pangeran Phrixus dari konspirasi ibu tirinya yang berusaha membunuhnya, sialnya ketika melarikan diri dengan menumpang domba tersebut, adiknya Helle terjatuh dan tenggelam di laut, di kemudian hari, Phrixus mempersembahkan domba tersebut kepada Zeus, yang kemudian diangkat Zeus menjadi bintang. Kulit domba tersebut dikenal sebagai artifak yang bernama "Golden Fleece / Bulu Domba Emas" yang berkaitan erat dengan misi para Argonauts. Phrixus sendiri memiliki 4 anak, yang semuanya menjadi Argonauts.
 

Taurus
Dilambangkan oleh sapi jantan. Taurus berasal dari kata Taureau yang artinya sapi jantan. Sapi ini adalah jelmaan dari dewa Zeus (Yupiter). Konon menurut ceritanya dewa Zeus paling suka sama gadis-gadis cantik, ia juga terkenal sebagai dewa yang paling banyak istrinya, maka, ketika ia melihat kecantikan putri Eropa, yang cantiknya tiada tara, saking tertariknya dengan sang putri, dewa Zeus mengubah dirinya menjadi sapi jantan agar dapat menculik putri Eropa.

Gemini
Dilambangkan dengan sepasang anak kembar. Mereka adalah putra dari dewa Zeus. Kedua anak kembar ini bernama Castor dan Polux.
Castor dan Polux (Gemini), adalah putra Zeus dari seorang wanita manusia bernama Leda, mereka adalah salah satu dari Argonauts yang berperang melawan Troya. Sayangnya berkat 'keabadian' Zeus hanya menurun pada Pollux. Di akhir perang Troya, Castor terbunuh, dan Pollux memberikan setengah keabadiannya kepada Castor, dan mereka pun diangkat oleh Zeus menjadi bintang.

Cancer
Dilambangkan oleh kepiting. Merupakan jelmaan ular bernama Hydra. Ular ini di kirim oleh Yuno, untuk melawan Hercules (pemuda yang dikenal kuat dan gagah berani). Ular yang di kirim oleh Yuno ini ternyata sangat beracun dan mempunyai banyak kepala. Apabila kepalanya ditebas oleh Hercules maka akan tumbuh lagi. Hercules dengan cerdiknya, membakar leher ular itu. Maka habislah riwayat sang ular. Kemudian ular itu dijadikan bintang. Membunuh ular adalah salah satu dari 12 tugas Hercules yang sangat berat.

Leo
Dilambangkan oleh singa. Singa ini merupakan salah satu dari 12 tugas Hercules yang sangat terkenal. Singa ini merupakan singa yang paling ganas yang harus ditaklukkannya.
Nemean Lion (Leo), adalah singa nemea yang dibunuh Heracles pada misi pertama dari 12 misi yang harus dipenuhi Heracles untuk membersihkan dosanya. Singa Nemea sendiri dikenal sebagai singa paling ganas yang memiliki kulit sekeras besi yang tidak dapat ditembus oleh senjata apapun. Hercules membunuhnya dengan mencekik singa tersebut sampai tewas. Kemudian kulit singa tersebut digunakan Hercules sebagai mantel yang di kemudian banyak membantunya melewati misi sulit.

 

Virgo

 


Lambangnya adalah seorang putri yang sangat cantik. Putri ini adalah jelmaan putri Astrea yang hidup di zaman emas. Pada waktu itu ia turun dari langit ke bumi. Tetapi ia tak tinggal di bumi, karena tidak tahan melihat penderitaan dan kejahatan yang dilakukan manusia di bumi. Maka ia kembali ke langit dan menjelma menjadi bintang. Orang Yunani membagi zaman ini menjadi 4, yaitu zaman emas, perak, perunggu dan besi

 

Libra

 


Dilambangkan dengan neraca atau timbangan. Merupakan simbol dari keadilan. Putri yang menguasai keadilan adalah putri Justicia. Asal-usulnya tidak diketahui secara pasti.

Justitia (Libra), merupakan dewi keadilan di yunani, digambarkan memegang neraca dan pedang dengan mata tertutup. Neraca merupakan lambang keadilan, pedang merupakan lambang hukum, dan matanya yang tertutup merupakan lambang bahwa dia tidak memihak siapapun. 

Scorpio
Lambangnya adalah kalajengking. Mempunyai asal-usul yang sangat menarik, konon terjadi cinta segi 4 (bukan cinta segi3 lagi). Antara Orion (pemuda yang tampan),Diana (dewi bulan), Venus (dewi kecantikan) dan Aurora (dewi fajar). Karena ketampanan Orion, ia dicintai 3 wanita cantik sekaligus. Karena cemburu kepada kedua rivalnya, Diana mengirim kalajengking kepada Orion. Kalajengking itu menggigitnya hingga mati. Diana menyesal atas perbuatannya dan memohon kepada dewa Zeus agar Orion dijadikan bintang , karena ia tidak bersalah, maka dewa Zeus mengangkatnya menjadi bintang dalam gugusan bintang scorpio.

 

Sagitarius

 


Lambangnya adalah makhluk berbadan kuda, berkepala manusia yang sedang memanah. Makhluk ini diberi nama Centaurus. Sebetulnya Centaurus adalah para monster, musuh para dewa dan manusia. kecuali Centaurus bernama Chyron adalah sahabat serta guru para dewa dan manusia, ia mengajarkan cara menggunakan senjata dan memanah dengan baik, karena jasa inilah, ia kemudian diangkat menjadi bintang.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar: